Login Anggota






Kata Sandi hilang?
Belum terdaftar? Daftar
 

Berita Jarimatika

Penawaran
Bergabunglah bersama kami dan raih sukses di bidang pendidikan,sekaligus berpartisipasi mencerdaskan kehidupan bangsa dengan biaya dan persyaratan yang ringan.  Selanjutnya
Kursus
Merupakan pelatihan aritmatika untuk anak usia 3 – 12 tahun. Kursus ini melatih anak agar memiliki kemampuan berhitung hanya dengan jari-jari yang mereka miliki sehingga dapat mengoptimalkan perkembangan otak kiri dan kanannya tanpa harus membebani memori otak yang mereka miliki Selanjutnya
KOMUNIKASI
KETIKA MEMOTONG   Komunikasi adalah proses penyampaian informasi, pesan, ide, atau gagasan dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan cara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, seperti tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu dan lain-lain. Cara seperti ini disebut komunikasi non verbal. Selanjutnya
TERIMAKASIH
MAAF DAN TOLONG   Suka atau tidak suka, kita akan selalu berinteraksi dengan orang lain. Itulah bukti dan ciri bahwa manusia itu adalah makhluk sosial. Lalu, hubungan bagaimana yang harus kita bangun dengan orang lain agar hidup kita terasa lebih menyenangkan ? Selanjutnya
JUJUR
SIFAT ATAU KEAHLIAN “Jujur” adalah sebuah kata yang bermakna. Maknanya selalu dituntut untuk hadir di semua tempat dan kejadian. Di warung, di toko swalayan, di pasar, di rumah makan, di sekolah, di kantor, di lapangan olahraga, dalam kompetisi, dalam pertandingan, dalam keluarga, dalam hubungan cinta, bahkan dalam dialog dengan diri kita sendiri. Selanjutnya
Panduan Pendirian Unit
PANDUAN PENDIRIAN UNIT JARIMATIKA A.      PENDAHULUAN Unit Jarimatika adalah wilayah operasional Jarimatika yang meliputi wilayah seluas lebih kurang radius 1,5 km. Oleh karenanya jarak antar Unit Jarimatika minimal sejauh lebih kurang 3 km diukur dari titik ke titik. Pendirian unit Jarimatika atas dasar perjanjian kerjasama antara Jarimatika Indonesia dengan orang perseorangan, kelompok maupun lembaga tertentu yang karenanya akan diberi hak lisensi oleh Jarimatika Indonesia untuk menggunakan nama Jarimatika dan menyelenggarakan kursus Jarimatika di tempat yang... Selanjutnya

Polling

Bagaimana menurut anda kecepatan akses website JARIMATIKA ini?
 

Merchandise

Jaket
Jaket


Tas
Tas


Kaos
Kaos


Topi
Topi


Member Online



 
 
Sejarah
ImageBerawal dari kepedulian seorang ibu terhadap materi pendidikan anak-anaknya. Setelah anak saya yang pertama menguasai kemampuan baca di usia 2,5 tahun, tibalah saatnya untuk memasuki gerbang pengenalan berhitung. Banyak metode saya pelajari, tetapi semuanya memakai alat bantu dan kadang membebani memori otaknya. Setelah itu saya mulai tertarik dengan jari sebagai alat bantu yang tidak perlu dibeli, dibawa kemana-mana dan ternyata juga mudah dan menyenangkan. Anak-anak saya menguasai metode ini dengan menyenangkan dan menguasai keterampilan berhitung. Akhirnya penelitian dari hari ke hari untuk mengotak-atik jari hingga ke perkalian dan pembagian, serta mencari uniknya berhitung dengan keajaiban jari dan kami menamakannya “Jarimatika”.
Penerapan pada anak
Dimulai pada usia 3 tahun untuk pengenalan konsep sampai usia 12 tahun Jarimatika ini ada 4 level, masing-masing ditempuh 3 bulan. Setelah selesai lulusan Jarimatika akan masuk ke “Fun Mathematic Club” yang akan mengupas matematika secara mudah dan menyenangkan, sesuai materi di sekolahnya bahkan direncanakan sampai materi SMA.
 
Penggunaan metode
Dibandingkan dengan metode lain, metode “Jarimatika” lebih menekankan pada penguasaan konsep terlebih dahulu baru ke cara cepatnya, sehingga anak-anak menguasai ilmu secara matang. Selain itu metode ini disampaikan secara fun, sehingga anak-anak akan merasa senang dan gampang bagaikan “tamasya belajar”.

Keistimewaan
  • Memberikan visualisasi proses berhitung
  • Menggembirakan anak saat digunakan
  • Tidak memberatkan memori otak
  • Alatnya gratis, selalu terbawa dan tidak dapat disita
  • Pengaruh daya pikir dan psikologis
  • Karena diberikan secara menyenangkan maka sistem limbik di otak anak akan senantiasa terbuka sehingga memudahkan anak dalam menerima materi baru.
  • Membiasakan anak mengembangkan otak kanan dan kirinya, baik secara motorik maupun secara fungsional, sehingga otak bekerja lebih optimal.
  • Tidak memberatkan memori otak, sehingga anak menganggap mudah, dan ini merupakan step awal membangun rasa percaya dirinya untuk lebih jauh menguasai ilmu matematika secara luas.


Pengaruh daya pikir dan psikologis

  • Karena diberikan secara menyenangkan maka sistem limbik di otak anak akan senantiasa terbuka sehingga memudahkan anak dalam menerima materi baru.
  • Membiasakan anak mengembangkan otak kanan dan kirinya, baik secara motorik maupun secara fungsional, sehingga otak bekerja lebih optimal.
  • Tidak memberatkan memori otak, sehingga anak menganggap mudah, dan ini merupakan step awal membangun rasa percaya dirinya untuk lebih jauh menguasai ilmu matematika secara luas.
 
 
 
© 2014 Jarimatika